(Blackberry)Membuat Login user dan password(part1)

Ketemu lagi dengan e-lab, aplikasi kali ini bertema membuat LogIn user dan password , sebelumnya aplikasi segitiga yang kami kutip di web agusharyanto.com , kali ini aplikasi login ini di buat dengan banyak tools yang sering di temukan di aplikasi lainnya , seperti Facebook login , email login dsb , tools yang di gunakan berupa EditField,insert picture, combobox,checkbox,memanggil aktifitas layar 2.

1.Buat project baru File – new – Blackberry project dan isikan nama project

2. Buka file MyScreen.java pada res

dan isikan scrip di bawah ini untuk menghasilkan GUI seperti di bawah ini

package mypackage;

import javax.microedition.lcdui.Choice;

import net.rim.device.api.system.Bitmap;
import net.rim.device.api.ui.Field;
import net.rim.device.api.ui.FieldChangeListener;
import net.rim.device.api.ui.UiApplication;
import net.rim.device.api.ui.component.BitmapField;
import net.rim.device.api.ui.component.ButtonField;
import net.rim.device.api.ui.component.CheckboxField;
import net.rim.device.api.ui.component.Dialog;
import net.rim.device.api.ui.component.EditField;
import net.rim.device.api.ui.component.LabelField;
import net.rim.device.api.ui.component.ObjectChoiceField;
import net.rim.device.api.ui.component.PasswordEditField;
import net.rim.device.api.ui.component.SeparatorField;
import net.rim.device.api.ui.container.HorizontalFieldManager;
import net.rim.device.api.ui.container.MainScreen;

/**
 * A class extending the MainScreen class, which provides default standard
 * behavior for BlackBerry GUI applications.
 */
public class MyScreen extends MainScreen implements FieldChangeListener
{
    /**
     * Creates a new MyScreen object
     */
	public ButtonField clearButton;
	public ButtonField loginButton;
	public EditField username;
	public PasswordEditField password;
	public ObjectChoiceField domain;
	
	//Diatas merupakan deklarasi global
    public MyScreen()
    {  
    	
    	BitmapField gambar;
    	CheckboxField remember;
    	
    	
    	// Dibawah merupakan untuk menampilkan gamabar yang terletak di res
    	Bitmap logo = Bitmap.getBitmapResource("icon.png");
    	gambar = new BitmapField(logo,Field.FIELD_HCENTER);
    	add(gambar);
    	add(new SeparatorField());
    	add(new LabelField("Masukan Nama dan Password Anda :"));
    	
    	//dibawah merupakan menampilkan editfield user dan password
    	username = new EditField("Username :" ,"");
    	password = new PasswordEditField("Password :","");
    	add(username);
    	add(password);
    	
    	//di bawah merupakan untuk menapilakan pilihan choice dengan array
    	domain = new ObjectChoiceField("Domain :",new String[]{"Home","Work",});
        add(domain);
    	
        //dibawah merupakan untuk menapilkan check box
        remember = new CheckboxField("Remember password",false);
        add(remember);
        
        //dibawah merupakan untuk menapilkan button clear dan login
        add(new SeparatorField());
        clearButton = new ButtonField("Clear",ButtonField.CONSUME_CLICK);
        loginButton = new ButtonField("Login",ButtonField.CONSUME_CLICK);
        clearButton.setChangeListener(this);
        loginButton.setChangeListener(this);	
        
        //dibawah merupakan untuk mengatur letak button clear dan login
        HorizontalFieldManager buttonManager = new HorizontalFieldManager(Field.FIELD_RIGHT);
        buttonManager.add(clearButton);
        buttonManager.add(loginButton);
        add(buttonManager);
        
        
        
        // Set the displayed title of the screen       
        setTitle("MyTitle");
    }
    
    //method untuk clear screen user dan password
   private void clearscreen(){
	  username.setText("");
	  password.setText("");
   }
  
   //method untuk perintah button clear dan login menggunakan percabangan if
   public void fieldChanged(Field field, int context) {
	// TODO Auto-generated method stub
	if(field==clearButton){
	   
	   Dialog.inform("benar ingin menghapus");// memberikan informasi perintah
	   clearscreen();
	}
	   else if(field==loginButton){
		   login();
	   }
}

   //mentod proses login ke layar2
	private void login(){
		//perintah untuk mengeluarkan perintah bila user dan password belum di isi
		if(username.getTextLength()==0 || password.getTextLength()==0 ){
			Dialog.alert("Silakan masukkan user dan password anda");
		}
		else{
			//perintah untuk ke layar kedua.
			String Username= username.getText();
			String Domain =(String) domain.getChoice(domain.getSelectedIndex());
			MyScreenLogin loginmasuk = new MyScreenLogin();
			UiApplication.getUiApplication().pushScreen(loginmasuk);
		}
	}
}
<pre> 

Hasil nya seperti di bawah ini.

3.Create Class baru untuk Activity Layar 2 file – new – class

isikan scrip di bawah ini

package mypackage;

import net.rim.device.api.ui.component.EditField;
import net.rim.device.api.ui.component.LabelField;
import net.rim.device.api.ui.container.MainScreen;


public class MyScreenLogin extends MainScreen{
	
	public EditField baru;
	public MyScreenLogin(){
		
		//EditField
		baru = new EditField("Masuk ke layar 2:"," ahhahahahha");
		add(baru);
		
	}

}
<pre> 

4. Buka file MyApp.java pada res

Edit scrip seperti di bawah ini

package mypackage;

import net.rim.device.api.ui.UiApplication;

/**
 * This class extends the UiApplication class, providing a
 * graphical user interface.
 */
public class MyApp extends UiApplication
{
    /**
     * Entry point for application
     * @param args Command line arguments (not used)
     * @return 
     */ 
	
    public static void main(String[] args)
    {
        // Create a new instance of the application and make the currently
        // running thread the application's event dispatch thread.
        MyApp theApp = new MyApp();       
        theApp.enterEventDispatcher();
        
        //membuat dekalarasi MyScreenLogin ke dalam class MyApp untuk membuat UIAplikasi.
        MyScreenLogin login2 = new MyScreenLogin();
        UiApplication.getUiApplication().pushScreen(login2);
    }
    

    /**
     * Creates a new MyApp object
     */
    public MyApp()
    {        
        // Push a screen onto the UI stack for rendering.
        pushScreen(new MyScreen());
    }    
}
<pre> 

Hasil gambar 1.

Hasil Gambar 2.

Hasil Gambar 3.

Catatan : Gambar yang terletak pada bin boleh di ganti sesuai kebutuhan

Download File project nya di sini

Advertisements

Published by

jarcode

hello I am jarcode

4 thoughts on “(Blackberry)Membuat Login user dan password(part1)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s