(Java)Memperkenalkan java Servlet dan Membuat HelloWorld

Servlet adalah bahasa pemrograman Java kelas digunakan untuk memperluas kemampuan dari server yang tuan aplikasi mengakses melalui model pemrograman request-respon. Meskipun servlet dapat menanggapi setiap jenis permintaan, mereka biasanya digunakan untuk memperpanjang aplikasi host oleh server Web. Dengan demikian, dapat dianggap sebagai Java Applet yang berjalan pada server bukan browser.

Servlet adalah berbasis Java server-side teknologi web. Sesuai namanya, melayani permintaan klien dan menerima respon dari server. Secara teknis, Servlet adalah kelas Java dalam Java EE yang sesuai dengan Java Servlet API, sebuah protokol di mana kelas Java mungkin merespon permintaan. Mereka tidak terikat dengan sebuah protokol client-server khusus, tetapi yang paling sering digunakan dengan protokol HTTP. Oleh karena itu, kata “Servlet” sering digunakan dalam arti “Servlet HTTP”. [2] Dengan demikian, seorang pengembang perangkat lunak dapat menggunakan servlet untuk menambahkan konten dinamis ke server Web menggunakan platform Java. Isi dihasilkan umumnya HTML, tetapi mungkin data lain seperti XML. Servlets adalah mitra Jawa non-Jawa teknologi konten web yang dinamis seperti PHP dan ASP.NET. Servlets dapat mempertahankan negara dalam variabel sesi transaksi di server banyak dengan menggunakan cookie HTTP, atau menulis ulang URL.
Untuk menyebarkan dan menjalankan Servlet, wadah Web harus digunakan. Sebuah wadah Web (juga dikenal sebagai wadah Servlet) pada dasarnya adalah komponen Web server yang berinteraksi dengan servlet. Wadah Web bertanggung jawab untuk mengelola siklus hidup servlets, pemetaan URL ke servlet tertentu dan memastikan bahwa URL pemohon memiliki hak akses yang benar.
API servlet, yang terkandung dalam hirarki javax.servlet paket Java, mendefinisikan interaksi yang diharapkan dari wadah Web dan servlet [2].
Servlet adalah sebuah objek yang menerima permintaan dan menghasilkan respon berdasarkan permintaan itu. Paket servlet mendefinisikan dasar Jawa objek untuk mewakili servlet permintaan dan tanggapan, serta sebagai objek untuk mencerminkan konfigurasi servlet parameter dan lingkungan eksekusi. Paket javax.servlet.http mendefinisikan HTTP spesifik subclass dari elemen servlet generik, termasuk objek manajemen sesi yang melacak beberapa permintaan dan tanggapan antara Web server dan klien. Servlets dapat dikemas dalam file WAR sebagai aplikasi Web.
Servlets dapat dihasilkan secara otomatis dari JavaServer Pages (JSP) oleh kompilator JavaServer Pages. Perbedaan antara Servlets dan JSP adalah bahwa Servlets biasanya menanamkan HTML di dalam kode Java, sedangkan JSP embed kode Java dalam HTML. Sedangkan penggunaan langsung dari Servlets untuk menghasilkan HTML (seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah) telah menjadi langka, tingkat yang lebih tinggi MVC kerangka web di Java EE (JSF) masih secara eksplisit menggunakan teknologi Servlet untuk penanganan permintaan / tanggapan tingkat rendah melalui FacesServlet yang . Sebuah penggunaan agak lebih tua adalah dengan menggunakan servlet bersama dengan JSP dalam pola yang disebut “Model 2”, yang merupakan rasa pola model-view-controller.

Mungkin itu saja inti dari servlet itu sendiri kita akan langsung ke TKP(Tempat kejadian perkara),Sebelumnya kita akan menggunakan server tomcat jadi bila teman teman belum mengistall server apache tomcat silakan kunjungi link ini javaebook-install-tomcat-dan-configurasi-netbeans

Membuat Hello World

1. Buka Netbeans

2. Create Project pada file – new – project – java web – web application dan buat Nama Project dan finish

3. Masuk Ke Direktori Web page – WEB-INF – index.jsp

4. Ganti Scrip pada html tersebut dengan tulisan yang anda inginkan

5. Run Project tersebut dan hasil nya seperti ini.

referensi :
id-Wikipedia.org

Advertisements

Published by

jarcode

hello I am jarcode

One thought on “(Java)Memperkenalkan java Servlet dan Membuat HelloWorld”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s