(Android)Google Cloud Messaging 1

Google Cloud Messaging untuk Android (GCM) adalah layanan yang membantu pengembang mengirim data dari server untuk aplikasi mereka Android pada perangkat Android. Ini bisa menjadi pesan ringan memberitahu aplikasi Android bahwa ada data baru yang akan diambil dari server (misalnya, film diunggah oleh seorang teman), atau bisa juga pesan yang berisi sampai dengan 4KB data payload (sehingga aplikasi seperti instant messaging dapat mengkonsumsi pesan langsung). Layanan GCM menangani semua aspek antrian pesan dan pengiriman ke aplikasi target Android berjalan pada perangkat target.(developer.android.com)

Diatas merupakan kutipan dari developer android, kalau menurut saya Google cloud messaging atau GCM sama seperti fasilitas cloud yang lainnya , saya pernah menggunakan cloud dari layanan perusahaan cloud , ini sama persis dengan cloud yang di berikan oleh google yang membedakan yaitu , karena android besutan android sehingga google ingin memberikan fasilitas yang sama dengan yang lainnya , ada satu lagi yang membedakan menurut saya yaitu cepatnya layanan cloud ini , sehingga kita ingin mengambil data di server tidak terlalu lama menunggu .

Gambar di atas saya ambil dari acara google IO 2012 yang rutin di selengarakan oleh google setiap tahunnya, menurut saya arah dari bagan di atas myclass – C2DM – server , dan bukan sebaliknya . C2DM merupakan fasilitas class yang di berikan oleh google sebagai kontrol.

Gambar diatas merupakan register yang berjalan pada GCM , di awali dari myapp – GCM framework – GCM.

Advertisements

Published by

jarcode

hello I am jarcode

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s