(Java)Membuat Model,Control,View_Jmonkey Example Part1 SimpleApplication

Setelah berbincang bincang di postingan sebelumnya, kali ini kita akan mencoba membuat sebuah contoh sederhana yang saya dapatkan di blog resmi JMonkey itu sendiri, ini saya buat dengan senang hati dan khusus Masyarakat Indonesia dan Developer Game di indonesia khususnya.

Disini kita akan membuat sebuah model bentuk Kubus 3D, dan view backgroud sederhana, hanya berwarna hitam dan hitam, kita akan membuat sebuah kontrol menggunakan SimpleAplication package yang disediakan oleh pihak Jmonkey. seperti pada game game mouse sebagai penggerak kamera dan W,A,S,D, sebagai penggerah model.

______________________________________________________________________________________________
Sebuah permainan khas JME3 memiliki proses inisialisasi berikut:

Anda menginisialisasi objek permainan:
Anda membuat atau mengambil obyek dan posisi mereka.
Anda membuat obyek tampak dalam adegan dengan melampirkan mereka untuk rootNode tersebut.
Contoh: pemain Load, medan, langit, musuh, hambatan, …, dan menempatkan mereka dalam posisi awal mereka.
Anda menginisialisasi variabel
Anda membuat variabel untuk melacak permainan negara.
Anda mengatur variabel ke nilai awal mereka.
Contoh: Mengatur skor menjadi 0, mengatur kesehatan untuk 100%, …
Anda menginisialisasi kunci dan tindakan mouse.
Binding masukan berikut adalah pra-dikonfigurasi:
W, A, S, D tombol – Bergerak dalam adegan
Gerakan mouse dan tombol panah – Hidupkan kamera
Tombol Escape – Keluar permainan
Tentukan kunci tambahan Anda sendiri dan tindakan mouse klik.
Contoh: Klik untuk menembak, tekan Spasi untuk melompat, …
*/

/*
Kesimpulan

Anda telah mempelajari bahwa SimpleApplication adalah titik awal yang baik karena menyediakan Anda dengan:

A simpleInitApp () metode di mana Anda membuat objek.
Sebuah rootNode tempat Anda memasang objek untuk membuat mereka muncul dalam adegan.
Berguna Pengaturan input default yang dapat Anda gunakan untuk navigasi di TKP.
Ketika mengembangkan aplikasi game, Anda ingin:

Inisialisasi adegan permainan
Memicu tindakan permainan
Merespon input pengguna.
Tutorial sekarang berikut mengajarkan bagaimana Anda menyelesaikan tugas-tugas dengan JMonkeyEngine 3.

Lanjutkan dengan Hello Node tutorial, di mana Anda mempelajari lebih rinci mengenai bagaimana untuk menginisialisasi dunia game, juga dikenal sebagai grafik adegan.
*/

_______________________________________(Saya Kutip dari Blog resmi)

Buka Jmonkey Engine SDK

Create New Project – pilih JME3 – Basic Game

Create Class dengan nama HelloWorldGame dan Tuliskan Code di bawah ini

 package mygame;

import com.jme3.app.SimpleApplication;
import com.jme3.material.Material;
import com.jme3.math.ColorRGBA;
import com.jme3.math.Vector3f;
import com.jme3.renderer.RenderManager;
import com.jme3.scene.Geometry;
import com.jme3.scene.shape.Box;

/**
 * test
 * @author normenhansen
 */
public class Main extends SimpleApplication {

    public static void main(String[] args) {
        Main app = new Main();
        app.start();
    }

    @Override
    public void simpleInitApp() {
        Box b = new Box(Vector3f.ZERO, 1, 1, 1);//MEmbuat Kotak dengan ukuran 1(x)*1(y)*1(z)
        Geometry geom = new Geometry("Box", b);//membuat sebuah geomaetri dari box shape
        Material mat = new Material(assetManager, "Common/MatDefs/Misc/Unshaded.j3md");//membuat sebuah material dari assetManager
        mat.setColor("Color", ColorRGBA.Blue);//memberikan material dengan warna
        geom.setMaterial(mat);//memasukkan geometri kedalam material

        rootNode.attachChild(geom);//menjalankan geomaeri/ tempat geometri itu di jalankan
    }

    @Override
    public void simpleUpdate(float tpf) {
        //TODO: add update code
    }

    @Override
    public void simpleRender(RenderManager rm) {
        //TODO: add render code
    }
    /**
    Sebuah permainan khas JME3 memiliki proses inisialisasi berikut: 

Anda menginisialisasi objek permainan: 
Anda membuat atau mengambil obyek dan posisi mereka. 
Anda membuat obyek tampak dalam adegan dengan melampirkan mereka untuk rootNode tersebut. 
Contoh: pemain Load, medan, langit, musuh, hambatan, ..., dan menempatkan mereka dalam posisi awal mereka. 
Anda menginisialisasi variabel 
Anda membuat variabel untuk melacak permainan negara. 
Anda mengatur variabel ke nilai awal mereka. 
Contoh: Mengatur skor menjadi 0, mengatur kesehatan untuk 100%, ... 
Anda menginisialisasi kunci dan tindakan mouse. 
Binding masukan berikut adalah pra-dikonfigurasi: 
W, A, S, D tombol - Bergerak dalam adegan 
Gerakan mouse dan tombol panah - Hidupkan kamera 
Tombol Escape - Keluar permainan 
Tentukan kunci tambahan Anda sendiri dan tindakan mouse klik. 
Contoh: Klik untuk menembak, tekan Spasi untuk melompat, ...
     */
    
    
    /*
     Kesimpulan 

Anda telah mempelajari bahwa SimpleApplication adalah titik awal yang baik karena menyediakan Anda dengan: 

A simpleInitApp () metode di mana Anda membuat objek. 
Sebuah rootNode tempat Anda memasang objek untuk membuat mereka muncul dalam adegan. 
Berguna Pengaturan input default yang dapat Anda gunakan untuk navigasi di TKP. 
Ketika mengembangkan aplikasi game, Anda ingin: 

Inisialisasi adegan permainan 
Memicu tindakan permainan 
Merespon input pengguna. 
Tutorial sekarang berikut mengajarkan bagaimana Anda menyelesaikan tugas-tugas dengan JMonkeyEngine 3. 

Lanjutkan dengan Hello Node tutorial, di mana Anda mempelajari lebih rinci mengenai bagaimana untuk menginisialisasi dunia game, juga dikenal sebagai grafik adegan.
     */
}

5-16-2013 8-14-45 AM

Advertisements

Published by

jarcode

hello I am jarcode

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s