(Windows Phone)Get Starter Framework XNA Game Studio

Malam Gan…

Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ke senangan, ane sunggug mengalami itu semua, kegiatan ane di bulan ramadhan tau gak gan “gak pernah tidur”, setelah buka puasa pada pukul 17.43 dan imsyak 04.20, nah di situlah kegiatan yang ane lakukan di bulan suci ramadhan, terkadang kami bermain poker atau pun pes hingga nunggu sahur, dan jika teman ane bosan maen poker ya dah ane mulai otak atik yang bermanfaatlah, biar gak terbuang waktu yang luang ini, semoga agan bisa memahami itu semua, jangan yang maen poker atau pes, ambil waktu belajarnya aja.

Setelah ane post mengenai XNA di post sebelumnya, itu lah XNA dan apa tujuan kita menggunakan Framework XNA, untuk kali ini ane akan membagi apa aja yang akan kita gunakan di XNA dan fungsinya, sebenarnya sama konsepnya dengan Code game yang lainnya, ada Canvas, Model, Kontrol, Action, dan sebaginya.

Create Project dengan nama Game1

pilih file-new project-XNA Game Studio 4.0
xna dsdf

Buka file Game1.cs

 using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using Microsoft.Xna.Framework;
using Microsoft.Xna.Framework.Audio;
using Microsoft.Xna.Framework.Content;
using Microsoft.Xna.Framework.GamerServices;
using Microsoft.Xna.Framework.Graphics;
using Microsoft.Xna.Framework.Input;
using Microsoft.Xna.Framework.Input.Touch;
using Microsoft.Xna.Framework.Media;

namespace WindowsPhoneGame1
{
    /// 
    /// This is the main type for your game
    /// 
    public class Game1 : Microsoft.Xna.Framework.Game
    {
        GraphicsDeviceManager graphics;
        SpriteBatch spriteBatch;

        public Game1()
        {
            graphics = new GraphicsDeviceManager(this);
            Content.RootDirectory = "Content";

            // Frame rate is 30 fps by default for Windows Phone.
            TargetElapsedTime = TimeSpan.FromTicks(333333);

            // Extend battery life under lock.
            InactiveSleepTime = TimeSpan.FromSeconds(1);
        }

        /// 
        /// Allows the game to perform any initialization it needs to before starting to run.
        /// This is where it can query for any required services and load any non-graphic
        /// related content.  Calling base.Initialize will enumerate through any components
        /// and initialize them as well.
        /// 
        protected override void Initialize()
        {
            // TODO: Add your initialization logic here

            base.Initialize();
        }

        /// 
        /// LoadContent will be called once per game and is the place to load
        /// all of your content.
        /// 
        protected override void LoadContent()
        {
            // Create a new SpriteBatch, which can be used to draw textures.
            spriteBatch = new SpriteBatch(GraphicsDevice);

            // TODO: use this.Content to load your game content here
        }

        /// 
        /// UnloadContent will be called once per game and is the place to unload
        /// all content.
        /// 
        protected override void UnloadContent()
        {
            // TODO: Unload any non ContentManager content here
        }

        /// 
        /// Allows the game to run logic such as updating the world,
        /// checking for collisions, gathering input, and playing audio.
        /// 
        /// Provides a snapshot of timing values.
        protected override void Update(GameTime gameTime)
        {
            // Allows the game to exit
            if (GamePad.GetState(PlayerIndex.One).Buttons.Back == ButtonState.Pressed)
                this.Exit();

            // TODO: Add your update logic here

            base.Update(gameTime);
        }

        /// 
        /// This is called when the game should draw itself.
        /// 
        /// Provides a snapshot of timing values.
        protected override void Draw(GameTime gameTime)
        {
            GraphicsDevice.Clear(Color.CornflowerBlue);

            // TODO: Add your drawing code here

            base.Draw(gameTime);
        }
    }
}

file nya seperti ini kan, di code tersebut sebenarnya sudah di jelaskan apa yang harus kita lakukan di dalam method tersebut.

kalo sedikit bingung ini ane jelaskan apa fungsi itu :

Game1 ()metode konstruktor : konstruktor, yang disebut sebelum Initialize
Metode, adalah salah satu yang khas ditemukan di setiap kelas dan, oleh karena itu, memiliki makna yang sama digunakan untuk mengatur nilai default untuk elemen diperlukan. Misalnya, instantiating device manager grafis, menentukan frame rate game, dan sebagainya.

initialize () metode: Set nilai default dan awal untuk permainan Anda, query dan menginisialisasi informasi pengguna berbasis, seperti memulai posisi dan bingkai memperbarui tingkat.

LoadContent () metode: Memuat semua konten game dapat berupa gambar, sprite
lembar, suara, model, dan sebagainya. Dalam XNA pengembangan game, semua karya seni memuat
harus dilakukan.

UnloadContent () metode: membongkar semua konten permainan dan manajer konten, seorang pengendali semua isi dengan bongkar muat saat obyek yang digunakan dalam Anda permainan perlu membuang spesifik atau bongkar muat.

Update () method: Metode ini sangat penting ketika permainan Anda berjalan.
Ia melakukan permainan logika yang sedang berlangsung seperti menghitung posisi saat ini, fisika, tabrakan, dan negara, mengumpulkan informasi masukan dari berbagai perangkat input;
memperbarui animasi. Perhatikan bahwa pada tahap ini Anda hanya memutus frame untuk menampilkan. Menggambar tidak dilakukan karena semua gambar harus dilakukan oleh.

Draw () method. Itu update kamera, mengacu pada catatan animasi pembaruan, memainkan.
audio, dan sebagainya. Update () metode update permainan logika, yang akan membuat permainan Anda lebih menyenangkan tergantung pada interaksi dengan data permainan, seperti pemutar hidup, nilai pengalaman, dan skor.

Draw () metode: Sebagai nama metode menyiratkan, dalam metode ini pekerjaan Anda adalah untuk membuat semua grafis, termasuk tampilan 2D dan 3D, ke layar untuk membuat.

Run

123

Advertisements

Published by

jarcode

hello I am jarcode

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s